Senin, 27 Mei 2013

Khasiat Tanaman Obat 5. SOM JAWA

5. SOM JAWA

 

Som jawa secara turun temurun sudah digunakan sebagai aphrodisiak, untuk meningkatkan jumlah ASI, menyembuhkan batuk dan bisul. Kandungan senyawa aktif yang sudah  diketahui  yaitu flavonoid,  saponin, steroid dan tanin.
Tanaman obat berkhasiat ini  disebut Talinum paniculatum (JAc ) Gaertn atau Talinum patens(L) Wild., termasuk famili Portulacaceae. Tanaman ini dikenal dengan nama daerah ginseng jawa, gelang porslen. Nama asing jewels of opar ( Amerika,  tho nhan sam ( Vietnam ) dan turen shen ( China ).
Khasiat som jawa dapat diperoleh dari penggunaan akar. Cara penyediaan : akar dicuci bersih, dikukus kemudian dikeringkan. Sebaiknya akar dikeringkan terlebih dulu karena akar segar  berpotensi menyebabkan diare sedangkan daun dapat digunakan segar.
Pada pengobatan tradisional Cina disebutkan bahwa tanaman ini bersifat pahit, manis, sejuk dan penenang ( sedative ). Selain itu tanaman ini juga besifat aphrodisiak, meningkatkan motilitas spermatozoa, anti inflamasi dan stimulant syaraf.
Penggunann som jawa secara turun temurun untuk penyembuhan :
1.  Aphrodisiak                                                                                                                                      Akar kering 45 – 55 g direbus dalam 4 gelas air sampai tersisa 2 gelas. Setelah dingin disaring,  minum 2 kali sehari pada pagi hari dan sore hari masing-masing satu gelas.
2. ASI sedikit                                                                                                                                      
Daun segar ditumis, dimakan sebagai sayuran atau dikukus dimakan sebagai lalap.
3. Untuk penyakit batuk  dengan dahak dan radang paru-paru, keringat dingin, diare, banyak kencing, haid   tidak teratur, keputihan                                                    
Akar kering 30-60 g direbus dalam 4 gelas air sampai tersisa 2 gelas. Setelah dingin disaring,  minum 2 kali sehari satu gelas.
4. Bisul                                                                                                                                                     Daun segar setelah dicuci bersih  lalu ditumbuk hingga halus. Tempelkan di tempat yang sakit dan dibalut ulangi beberapa kali sehari.

PERHATIAN: Pada penggunaan  dalam jumlam terlalu banyak dapat mengakibatkan keracunan yang biasanya memiliki gejala mual, muntah dan sesak napas. Pengobatan keracuanan dengan minum kopi pahit dan tempatkan pasien di tempat terbuka dan berangin.

Dari berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar