Selasa, 28 Mei 2013

Khasiat Alpukat

Khasiat Alpukat

alpukat
Alpukat merupakan salah satu buah yang paling digemari masyarakat. Buah dengan nama daerah yang beraneka ragam ini memang penuh manfaat dan khasiat yang baik bagi kesehatan. Alpukat sendiri memiliki nama ilmiah Persea gratissima Gaertn. Selain digunakan sebagai masker kecantikan, apalagi ya khasiat buah hijau ini ?
Alpukat merupakan tanaman pohon yang dapat tumbuh hingga ketinggian 10 meter. Pohon alpukat warnanya cokelat dan memiliki banyak cabang.

Daun tanaman berkhasiatini merupakan daun tunggal dengan ukuran yang tebal dan warnanya kemerahan dikala muda serta memiliki rambut halus. Ketika tua daun berwarna hijau dan tidak lagi berrambut.

Bunga alpukat adalah bunga majemuk dan berwarna kuning kehijauan. Sedangkan buah alpukat bentuknya bulat, terkadang bulat telur. Warna alpukat ada yang hijau, ada pula yang ungu. Daging buah alpukat yang telah masak warnanya hijau kekuningan.

Bagian Mana yang Berkhasiat dari Alpukat ?


Pada umumnya yang sering digunakan sebagai ramuan herba adalah daging buah, daundan biji alpukat.

Apa Saja Khasiat dan Manfaat Alpukat ?

Alpukat merupakan buah yang dapat bermanfaat untuk meluruhkan kencing, serta dapat meredakan rasa sakit. Alpukat juga berkhasiat untuk mengurangi radang. 

Daun alpukat baik untuk mengobati kencing batu, sakit kepala, dan nyeri lambung, serta bermanfaat untuk mengurangi bengkak pada saluran pernafasan. Daun alpukat juga bermanfaat untuk mengurangi nyeri saat haid.

Daging buah alpukat berkhasiat untuk mengatasi sariawan serta merupakan nutrisi yang baik bagi kulit. Sedangkan biji alpukat dapat digunakan untuk mengurangi kadar gula dalam darah.bagi penderita diabetes.

Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar